Mari Kita Tinggalkan Kebiasaan Nonton Kebakaran


Mari Kita Tinggalkan Kebiasaan Nonton Kebakaran

PALEMBANG – Walikota Palembang H Eddy Santana Putra menyinggung kurangnya koordinasi terkait peristiwa kebakaran yang menimpa puluhan warga di Kelurahan 13 Ilir, 14 Ilir dan Rumah Susun di Jl Radial Palembang beberapa hari lalu.

Eddy mengaku melihat sendiri minimnya koordinasi dalam menanggapi tragedi tersebut. Mulai dari sistem pengaturan lalu lintas, pengendalian masyarakat hingga kurangnya kesadaran masyarakat pada saat terjadi kebakaran.

“Pada saat itu saya berinisiatif untuk turun langsung mengatur lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran. Itu karena banyak warga yang datang hanya menonton, padahal itu bisa menghambat kinerja petugas pemadam. Saya ingin ke depan ini dicarikan solusinya,” kata Eddy dalam kesempatan halal bihalal bersama pegawai di lingkungan Pemkot Palembang, Kamis (23/8/2012).

Eddy juga mengimbau agar masyarakat secara keseluruhan dapat mengerti jika kebakaran sedang terjadi.

Bentuk pengertian bisa diwujudkan dengan saling membantu meringankan beban korban kebakaran, termasuk tidak hanya nonton saat kebakaran terjadi. Sebab, selain mengganggu kinerja petugas pemadam kebakaran, itu juga berbahaya bagi keselamatan yang bersangkutan.

“Kita tidak bisa menyalahkan salah satu pihak. Ini kesalahan kita bersama. Dan ke depan ini jangan sampai terjadi lagi. Warga juga demikian. Mari kita hilangkan kebiasaan nonton kebakaran. Itu tidak baik,” kata Eddy.

Penulis : Eko Adiasaputro
Editor : Sudarwan (Sripo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: