Hikmah Puasa.


Ramadhan dinamakan sebagai syahrut Tarbiyah, dan menurut penelitian para ulama ibadah puasa mempunyai hikmah yang bernuansa mendidik diantaranya:

1. Melatih jiwa dan memelihara watak amanah, karena puasa itu adalah amanah Allah yang harus dipelihara dan dijaga. Dengan demikian terlatih pulalah jiwa untuk memelihara amanah-amanah yang lainnya.

2. Menempa jiwa supaya memiliki kekuatan dan daya tahan menanggung segala cobaan, memperkuat kemauan, meneguhkan pendirian, cita-cita dan harapan.

3. Menghilangkan dan mengendalikan sifat rakus dan tamak dalam makan dan minum, dengan demikian timbullah sifat keutamaan dan kemanusiaan.

4. Mengurangi hawa nafsu keduniaan dan kemewahan hidup sehingga mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5. Membiasakan diri bersikap sabar dalam mengendalikan hawa nafsu, dan menyalurkan nafsu sesuai fitrahnya.

6. Meningkatkan perasaan untuk menyadari dan mengenali diri sendiri (introspeksi diri) bahwa manusia itu adalah makhluk yang lemah, dan berkeinginan kepada bermacam-macam kepentingan.

7. Membentengi diri dari segala perbuatan jahat dan kemaksiatan, karena puasa merupakan sistem pendidikan untuk membentuk tabiat muttaqien yaitu orang-oramg yang menjaga hubungan dengan Allah SWT, dengan cara melindungi diri dari kejahatan.

8. Menggerakan hati orang-orang kaya supaya menyantuni dan menanamkan belas kasih terhadap fakir miskin dan anak-anak yatim piatu. Bila semuanya dikerjakan secara ikhlas maka lahirlah sikap solidaritas sosial dikalangan umat.

9. Menghidupkan kekuatan fikiran dan kekuatan lainnya yang hanya dapat dicapai dengan mata hati.

10. Meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebab menurut hasil penelitian ilmu kesehatan 60% penyakit itu timbul dari perut. Apabila perut tidak dikendalikan, maka banyak penyakit akan tumbuh.

Imam Ghazali berkata “Sesungguhnya sumber bencana yang paling besar dalam kehidupan manusga adalah nafsu perut.” Dengan adanya bulan Ramadhan yang didalamnya diwajibkan berpuasa, Insya Allah berbagai penyakit dapat disembuhkan.

About Iwan Lemabang
aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Leave a comment