Danau Ranau


Danau Ranau terletak di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Oku Selatan, Sumatera Selatan. Wisata air ini masuk dalam kategori danau terbesar dengan luas 8 x 16 kilometer persegi. Panorama alam yang memukau sangat mendukung danau ini. Keistimewaanya bertambah dengan latar belakang Gunung Seminung dan dikelilingi oleh bukit dan lembah, serta air danau yang sangat jernih.

Konon danau ini terbentuk karenai gempa dan letusan vulkanik dari gunung berapi. Akibat proses alam tersebut sehingga membentuk cekungan besar. Sungai yang pada awalnya mengalir di kaki gunung berapi itu menjadi sumber air yang mengisi cekungan tersebut. Lambat laun cekungan tersebut penuh dan memebentuk sebuah danau.

Setelah cekungan tersebut penuh, mulailah di sekeliling danau ditumbuhi banyak tanaman, salah satunya tumbuhan semak. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama ranau. Oleh sebab itu, danau ini dinamakan Danau Ranau. Dan, sisa gunung api yang meletus, kini bertengger di tepi danau dan disebut Gunung Seminung. Tidak lupa di tengah danau juga terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa.

Selain Gunung Seminung dan dan Pulau Marisa, di sekitar danau ini juga terdapat air Terjun Subik dan air panas alam yang keluar dari dasar danau. Lain dengan air panas, air terjun ini berada di sekitar danau. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui pepatah ini sangat tepat untuk wisata Danau Ranau karena banyaknya objek yang dapat ditemui di kawasan ini.

Danau Ranau berjarak sekitar 342 kilometer dari Kota Palembang, 130 kilometer dari Kota Baturaja, dan 50 kilometer dari Muara Dua, Ibukota Oku Selatan. Perjalanan ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Dengan keadaan jalan yang sudah beraspal, wisatawan akan merasa nyaman saat berkunjung ke lokasi ini.

Wisatawan juga bisa memulai perjalanan dari Bandar Lampung, dengan melewati Bukit Kemuning dan Liwa. Bagi yang ingin bermalam, di lokasi ini juga disediakan wisma-wisama yang dapat disewa oleh wisatawan. Perjalanan pastinya akan memberikan cerita menyenangkan untuk liburan Anda.

About these ads

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: